Januari 19, 2017

Tanaman Hidroponik dalam Botol


Tanaman Hidroponik dalam Botol

Sebelum kita membahas Bagaimana cara menanam tanaman hidroponik dalam botol, kita harus mengetahui pengertian dari Hidroponik itu sendiri. Hidroponik adalah teknik bercocok tanam dengan mengandalkan media air dan tidak menggunakan media tanah. Teknik Hidroponik sangat cocok bagi yang ingin bercocok tanam namun tidak mempunyai lahan yang luas.

Dari sekian artikel tentang pengertian Hidroponik, saya mengutip dari deskripsi sebuah video youtube mengenai pengertian Hidroponik. "Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. Hidroponik adalah cara menanam tanpa menggunakan media tanah sebagai media tanam, tetapi dengan menerapkan konsep menanam dengan media air yang sudah mengandung nutrisi dan dibantu dengan media tanam yang lain sebagai penahan tumbuhan seperti arang sekam, rockwool, batu kerikil, dan lain-lain. cara menanam dengan tekhnik hidroponik sangat cocok diterapkan bagi anda yang tidak mempunyai lahan yang cukup untuk bercocok tanam."

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang menanam tanaman Hidroponik dalam botol, karena sangat cocok diterapkan bagi yang baru ingin terjun kedunia Hidroponik. Selain itu banyaknya pertanyaan di forum forum seperti “Bagaimana cara menanam hidroponik untuk pemula?”, “Bagaimana cara menanam sayuran di rumah dengan system Hidroponik?”, “Bagaimana cara bertanam sayuran hidroponik?”, yang mendasari saya membuat artikel ini. 

Untuk menanam tanaman Hidroponik dalam botol, langkah awal adalah menyiapkan alat dan bahan, dan persiapkan beberapa buah bibit kangkung. Cara menanam kangkung Hidroponik akan dibahas lebih spesifik pada artikel “cara menanam kangkung hidroponik” mendatang. Sedangkan Pada artikel ini hanya akan focus membahas bagaimana cara menanam tanaman hidroponik dalam botol.

Alat dan Bahan. 
  • Botol minuman bekas (Boleh botol Aqua gelas atau yang berbentuk botol)
  • 500cc Air
  • Beberapa bibit Kangkung
  • Rockwool 
Cara Membuat.
  • Lubangi tutup botol 
  • Potong botol minuman menjadi 2 bagian, kemudian bagian atas dibalik dan gabungkan kembali dengan bagian bawah. untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar 2.
Gambar 2. Potong botol minuman bekas menjadi 2
  • masukan air pada botol secukupnya.
Gambar 3. Masukan Air secukupnya
  • Masukan kain bekas kedalam botol bagian atas, untuk merekatkan gunakan gabus atau spons bekas. lihat gambar 4 di bawah ini.
Gambar 4. Masukan kain bekas 
  • Langkah terakhir masukan rockwool, lalu tebar benih diatas rockwool.
Gambar 5. Masukan Rockwool
Begitulah cara menanam hidroponik didalam botol. tunggu sampai tunas bermunculan, akan lebih bagus jika ditambahkan nutrisi cair dan campurkan bersama air. Nutrisi cair ini berguna sebagai pupuk.

Kelebihan dan kekurangan Hidroponik
Kelebihan sistem hidroponik antara lain: Penggunaan lahan lebih efisien karena tidak menggunakan media tanah, Kuantitas dan kualitas produksi lebih tinggi dan lebih bersih , Penggunaan pupuk dan air lebih efisien dan bersih dan Lebih Anti hama.

Kekurangan sistem hidroponik antara lain: Membutuhkan kesabaran dalam memulai,  Pada kultur substrat, kapisitas memegang air media substrat lebih kecil dari pada media tanah sehingga akan menyebabkan pelayuan tanaman yang cepat dan stres yang serius. Di Indonesia, hidroponik yang berkembang pertama kali yaitu hidroponik substrat, setelah hidroponik substrat, hidroponik NFT (Nutrien Film Technique) mulai dikenal di Indonesia, kemudian berkembang pula hidroponik aeroponik yang memberdayakan udara.
Tanaman Hidroponik dalam Botol
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.